A. PENDAHULUAN

Penyajian Data merupakan cara yang digunakan untuk meringkas menata, mengatur atau mengorganisir data sehingga data mudah untuk dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan dengan data tersebut.

Secara umum ada dua cara untuk menyajikan data yaitu dengan tabel dan grafik. Kedua cara ini saling berkaitan, karena pada dasarnya sebelum dibuat grafik terlebih dahulu harus dibuat tabelnya. Dari dua cara ini penyajian data dengan grafik merupakan penyajian data yang lebih komunikatif karena dalam waktu yang singkat seseorang akan dapat dengan mudah memperoleh gambaran dan kesimpulan suatu keadaan.

B. Penyajian Data Dengan Tabel

Tabel merupakan kumpulan angka-angka yang tersusun berdasarkan kategori – kategori atau karakteristik – karakteristik tertentu sehingga memudahkan untuk dianalisis. Data yang disajikan dalam tabel bisa berupa data cross section atau data time series. Secara umum penyusunan tabel memerlukan identitas judul tabel, judul baris, judul kolom, badan tabel catatan dan sumber data. Penyajian data dengan tabel bisa berbentuk tabel satu arah, dua arah dan tiga arah.

Tabel Satu Arah

Tabel satu arah adalah tabel yang hanya terdiri dari satu karakteristik atau kategori. Misalnya :

  1. Jumlah penjualan menurut jenis barang.
  2. Jumlah pengangguran menurut daerah.
  3. Jumlah modal asing menurut sektor ekonomi.

Contoh 1 : Jumlah Penjualan Lima Jenis Barang Elektronik Pada Alfa Supermarket tahun 2002

tabel satu arah contoh1

Contoh 2 : Jumlah Pengangguran pada Lima Kota Besar Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2002

tabel satu arah contoh2

Tabel Dua Arah

Tabel Dua Arah adalah tabel yang terdiri dari dua karakteristik atau dua kategori. Misalnya :

  1. Jumlah penjualan menurut jenis barang dan daerah penjualan.
  2. Jumlah penanaman modal asing menurut sektor ekonomi dan lokasi investasi.
  3. Jumlah Impor menurut Jenis barang dan negara.

Contoh : Penjualan Lima Jenis Barang Elektronik di Alfa Supermarket Pada 3 Kota Besar Tahun 2002

tabel dua arah contoh1

Tabel Tiga Arah

Tabel tiga arah menunjukan tiga karakteristik atau kategori data.

Misalnya :

  1. Jumlah Investasi menurut jenis usaha, negara asal dan lokasi investasi.
  2. Jumlah Produksi menurut, Jam kerja (sift), jenis mesin dan kualitas barang.

Contoh : Jumlah karyawan perusahaan XYZ menurut bagian kerja, jenis kelamin, dan pendidikan terakhir ditamatkan tahun 2010.

Tabel tiga arah

C. Penyajian Data Dengan Grafik

Selain menyajikan data dengan menggunakan tabel, kita dapat juga menyajikan data dengan menggunakan gambar-gambar atau grafik. Banyak sekali jenis tampilan data dalam bentuk grafik tetapi pada bagian ini hanya ditampilkan grafik-grafik yang umum dijumpai seperti : Grafik garis (Line Chart), Grafik balok/batang (Bar Chart), Grafik Lingkaran (Pie Chart), dan Pictogram.

Grafik Garis

Grafik garis secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single line chart yang terdiri dari satu garis saja dan multiple line chart yang terdiri dari beberapa garis. Grafik garis baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa garis sangat berguna untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan. Umumnya grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk time series yang sekaligus bisa dilihat trend-nya.

Contoh 1 : Penjualan Lima Jenis Barang Elektronik di Alfa Supermarket Tahun 2002

grafik baris part1

Contoh 2 : Penjualan Lima Jenis Barang Elektronik di Alfa Supermarket Pada 3 Kota Besar Tahun 2002

grafik baris part2

Grafik Batang/Balok

Grafik batang/balok (Bar Chart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single bar chart yang terdiri dari satu batang saja dan multiple bar chart yang terdiri dari beberapa batang. Grafik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan. Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk cross section dan time series.

Contoh 1 : Data Pendaftaran Mobil dan Total Kendaraan Selama 6 Bulan Pertama (pada tahun 2006)

grafik batang part1

Contoh 2 :  Data Pendaftaran Mobil dan Total Kendaraan Pada 3 Negara Tahun 2006

grafik batang part2

Grafik Lingkaran

Grafik Lingkaran (Pie Chart) secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Pie chart yang terdiri dari satu lingkaran saja dan multiple pie chart yang terdiri dari beberapa lingkaran. Grafik lingkaran baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa lingkaran sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan berdasarkan nilai-nilai karakteristik satu dengan yang lain dan dengan keseluruhan (biasanya dalam persentase). Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk cross section.

Contoh : Menghitung Jenis Software Yang Sering Digunakan Di Era Zaman Sekarang

grafik lingkaran

Pictogram

Pictogram adalah grafik berupa gambar di dalam bidang koordinat XY dinyatakan gambar-gambar dengan suatu ciri-ciri khusus untuk suatu karakteristik. Misalnya untuk menyatakan jumlah mobil pada tahun-tahun tertentu, dapat digambarkan berupa gambar mobil (secara sederhana). setiap gambar mewakili suatu jumlah tertentu.

Contoh : Data Penjualan Baju Esports Selama 5 Tahun “PT.Rafif Design”.

pictogram

Iklan